Macam Makanan Pedas yang Memiliki Manfaat dan Dampak – Saat ini makanan yang memiliki rasa pedas dapat dikategorikan menjadi salah satu cita rasa makanan yang terfavorit masyarakat di Indonesia. Kenikmatan dan sensasi yang dirasakan saat mengkonsumsi makanan ini yang membuat banyak penggemarnya. Ditambah lagi banyak akun para youtuber yang membuat konten saat mengosumsi makanan pedas sehingga dapat menjadi daya tarik untuk menikmatinya. Cabai bukan hanya menambah cita rasa tetapi cabai juga diapat diangggap sebagai penambah nafsu makan. Dengan warna merah yang dihasilkan cabai serta aromanya benar-benar menggugah selera orang.

Makanan pedas memiliki banyak peminat karena saat menyantapnya memberikan sensasi lidah terbakar dan kepanasan yang dapat menggugah selera. Bahkan Sebagian orang menganggap tidak pas rasanya jika makan tanpa ditemani oleh rasa pedas. Makanan pedas sudah pasti tidak asing lagi, terutama mayoritas masyarakat Indonesia ialah pencinta makan pedas. Dengan cita rasa yang paling banyak peminatnya yaitu rasa pedas. Mengomsumsi makan pedas dapat memberikan kebaikan untuk kesehetan namun ada juga membawa dampak buruk pada Kesehatan tubuh kita jika dikomsumsi secara belebihan. Berikut beberapa contoh makanan pedas.

Beberapa Jenis Makanan Pedas

1. Ikan pindang
Ikan merupakan salah satu sumber protein serta omega 3 yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh terutama pada jantung dan otak. Ikan ini dimasak dengan cara direbus sehingga lebih sehat dari menu ikan yang digoreng menggunakan minyak. Menu ini juga menggunakan cabai untuk memberikan cita rasa pedas pada makanan.

2. Ayam geprek
Ayam geprek pasti sudah sangat dikenali diberbagai kalangan karena rasa pedas yang menggugah selera makan. Ayam yang biasa disajikan ialah pada bagian paha, sayap, dan daging dada. Ayam digoreng dengan tepung hingga krispy kemudian digeprek dan dicampur cabai menu ini cukup disukai karena harganya yang relatif murah. Biasanya para penjual makana ini memberikan tingkatan pedas yang dapat diatur sendiri level pada kepedasanya.

3. Saus salsa
Saus salsa merupakan salah satu makanan pedas yang cukup sehat. Pelengkap makanan ini berisi bahan seperti tomat yang mengandung likopolen, jeruk dengan vitamn c, dan cabai sebagai senjata utama. Zat gizi yang terkandung pada campuran bahan tersebut berperan sebagai antioksidan bagi tubuh yang dapat melindungi kita dari serangan radikal bebas.

4. Sayur asem
Makanan satu ini sangat sehat karena isi dalam makananya sendiri berisi berbagai sayuran. Tentu sudah pasti makanan satu ini banyak mengandung serat yang diperlukan oleh tubuh kita. Untuk rasa pedasnya makanan ini tidak terlalu pedas tapi Anda bisa menambahkan sambal sesuai selera.

Macam Makanan Pedas yang Memiliki Manfaat dan Dampak

5. Seblak
Untuk mencari sensi pedas Anda bisa mencoba seblak yang terbuat dari berbagai campuran toping serta kerupuk sebagai bahan utamanya. Biasanya seblak memiliki tingkat kepedasan yang cukup untuk membuat Anda berkeringat.

6. Ikan pepes
Ikan pepes merupakan ikan yang dimasak menggunakan proses dipanggang yang telah dibalut oleh beberapa jenis bumbu yang beragam. Kemudian ikan serta bumbu dibungkus dengan daun pisang sebelum dibakar.

7. Ceker pedas
Masakan ceker pedas sudah banyak diketahui bagi para pencinta masakan pedas karena biasanya masakan ini diolah dengan diberikan cita rasa pedas yang sangat super.

8. Bakso mercon
Bakso mercon biasanya memiliki cita rasa pedas yang tidak kalah dengan makanan pedas lainnya. Bayangkan saja ketika Anda sedag menikmati bakso kemudian timbul rasa pedas yang meledak dumulut Anda oleh sebab itu bakso ini dinamakan bakso mercon.

Manfaat Makanan Pedas Bagi Kesehatan

Rasa pedas yang memberikan sensasi panas pada cabai dipicu oleh senyawa kimia yang aktif dapat kita sebut capsaicin yang banyak ditemukan pada cabai. Makanan pedas memberikan beberapa manfaat sebagai berikut:

1. Meningkatkan metabolisme pada tubuh
Timbulnya sensasi rasa pedas dan panas mendorong aktifnya kinerja metabolisme tubuh. Nah dalam hal tersebut, capsaicin memberikan efek termogenik yang dapat meningkatkan subuh tubuh. Peningkatan suhu tubuh dapat memicu terjadinya pembakaran lemak serta kalori yang berada didalam tubuh.

2. Membantu dalam pengobatan kanker
Capcsaicin dapat memicu terjadinya kematian pada sel kanker, mengurangi bahkan menghambat penambahan serta pertumbuhan kanker pada lambung. Hal ini juga membatasi pertumbuhan ukuran benjolan kanker kolorektal dan dapat mengurangi pertambahan volume jaringan pada kanker emepdu.

3. Meningkatkan nafsu makan
Dengan memberikan rasa pedas dan rasa kenyang seta puas dapat membantu meningkatkan nafsu makan. Sangat cocok untuk Anda yang kurang nafsu makan dan ingin meningkatkan nafsu makan bisa coba saja mengomsumsi makanan pedas.

4. Menjaga kesehatan jantung
Manfaat mengomsumsi makanan pedas lainnya ialah dapat membantu peningkatan Kesehatan pada jantung. Hal tersebut karena makanan pedas dapat menurunkan kolestrol tidak baik dalam tubuh.

Dampak Mengkonsumsi Makanan Pedas

Walaupun makanan pedas itu sangat menggiurkan dan dapat memberikan efek baik pada tubuh tetapi, mengomsumsi makanan pedas berlebih juga dapat memberikan efek samping seperti berikut ini.

1. Diare
Mengumsumsi makanan pedas terlalu banyak atau berlebihan dapat memicu diare. Hal itu disebabkan karena makanan pedas dapat mengiritasi lapisan lambung dan usus. Sudah menjadi pengetahuan umum jika mengomsumsi makanan pedas berlebihan dapat membuat sakit perut serta memicu kambuhnya maag.

2. Menambah gejala GERD
Mengomsumsi makanan pedas dapat memicu sensai rasa ulu hati seperti terbakar bisa disebut heartburn. Makanan pedas juga bisa membuat kerongkongan terasa perih.
Untuk mengobati atau mengurangi sensasi rasa pedas pada makanan Anda dapat mengumsumsi susu yang berasal dari hewani karena dapat mengurangi rasa pedas.

Back To Top